Agam,Lensasumbar,com — Bupati Agam, Dr.H,Andri Warman.MM, yang diwakili Kepala badan kesbangpol, Yunilson,S.Sos. Menghadiri Acara melewakan gelar Adat, DT,Palimo Dirajo bertempat, Dilambah dareh, jorong Malabur,Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumbar, Sabtu tanggal (05/02/2022)

Dt, Palimo Dirajo, Merupakan Salah seorang Ninik Mamak Tujuh Suku di Nagari Bawan, Sebelum nya dibawakan oleh Almarhum Ir, H, Khaidir. telah Wafat pada tanggal dirumah Sakik M,Jamil Padang. Setelah melalui Musyawarah Kaum dan setujui oleh Ninik Mamak Nagari Bawan,yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari,(KAN) Bawan. Tuangku, Imam. M, Qadri di Lewakan Membawa Gelar adat, Dt, Palimo Dirajo.

Tampak hadir di acara tersebut, Bupati Agam, diwakili Kepala Badan Kesbangpol, Yunilson. S.Sos. Anggota DPRD AGAM, Dr, (Chan) Yopi Eka Anroni, SE.ME, Camat Ampek Nagari, Roza Syafdefianti, S.STP.M.Sc.Kapolsek Ampek Nagari,
Walinagari Bawan Kamiruddin,Ketua Bamus, Drs. Syamsudin, S.Pd. Jorong Senagari Bawan, Ninik Mamak seNagari Bawan.Ninik Mamak Nagari terangga,Ketua PPUNB, Yurnalis, Imam katib,Pusako, Bundo kanduang dan undangan lain nya.

 

Bupati Agam Dr.H.Andriwarman, S.Sos. MM. Melalui Kepala Badan Kesbangpol, Yunilson. S.Sos, dalam Sambutannya Menyampaikan.. ucapan maafnya kepada seluruh ninik mamak dan para tamu yang hadir terkhususnya ninik mamak nagari bawan yang telah mengundangnya, karena di kesempatan itu bpk Bupati. tidak dapat mengahadiri.

“Mohon maaf Kepada Panitia dan Ninik Mamak Nagari Bawan. Kami tak bisa hadir karena berbenturan dengan kegiatan lain yang sudah terjadwal sebelumnya. mohon maaf sebesar-besarnya,” ujar Bupati Agam.

“Pertama sekali saya menyampaikan permintaan maaf bapak Bupati Agam, yang tidak bisa hadir pada perhelatan adat kali ini, karena ada sesuatu yang tidak dapat ia tinggalkan, dalam hal ini Bapak Bupati Agam Mengucapkan selamat kepada engku datuk, Palimo Dirajo, yang baru saja di resmikan oleh pengurus KAN Bawan,

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Agam, saya ucapkan selamat kepada Tuangku Imam, M Qadri, yang telah Resmi dikukuhkan Oleh Lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) BAWAN. Membawa gelar Dt, Palimo Dirajo.

Yunilson,S.Sos. menambahkan.Acara pengangakatan Ninik Mamak (Datuak) yang baru selesai di laksanakan ini. Merupakan Budaya Adat di Minang Kabau, yang harus dilestarikan. Ini salah satu program Prioritas Bupati Agam, sesuai Visi-visi nya. Meujutkan Kabupaten Agam Maju.masyarakat Sejahtera dan berkehadilan Menuju Agam Mandiri berprestasi yang Madani.”tutup nya.(**)

(Jasman Chaniago)

Ikuti kami juga dihalaman Google News

Bagikan: