AGAM, LENSASUMBAR.COM – SMA Negeri 1 Sungai Pua, Kabupaten Agam menggelar acara perpisahan kelas XII Tahun 2022. Dengan tajuk SMANSAPUA FASHION WEEK yang diadakan dilapangan sekolah itu pada Kamis, (24/3/2022).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Drs. Barlius, M.M., mengatakan kepada awak media, bahwa acara itu sangat luar biasa karena menggali kearifan lokal yang ada di Nagari Sungai Pua, Agam.

“Nagari ini basis usaha orang tuanya adalah konveksi (pakaian jahitan). Tentu secara tidak langsung para anak (siswa) juga mengarah kesitu,” ujarnya.

Disampaikannya, walau nanti anak-anak memasuki perguruan tinggi akan tetapi bakat turunan itu tidak akan hilang. Apalagi mereka yang memilih jurusan tata busana. Andai kata jurusannya nanti berbeda. Tetapi keterampilan itu tetap akan mereka kembangkan tungkasnya.

Menurut Barlius, keterampilan kearifan lokal itu yang tidak ternilai harganya. Apalagi kemauan anak sambil belajar juga berusaha. Didukung oleh kepala sekolah, komite, dan semua stakeholders yang ada disekolah itu. Demi mendukung kemajuan sekolah dalam warna Fashion Week yang mencerminkan kearifan lokal.

“Semoga SMA 1 Sungai Pua terus berkembang dan ada inovasi selanjutnya yang bisa dikembangkan,” papar Kepala Dinas Pendidikan ini.

Sementara, Kepala SMAN 1 Sei Pua, Murnita, M.Pd., mengaku bangga dengan adanya kegiatan perpisahan dan Fashion Week. Sebab menunjukkan para siswa mampu berwirausaha. Dikarenakan nagari ini merupakan daerah konveksi yang cukup dikenal di Sumatera Barat bahkan Jakarta.

“Pada Fashion Week ini adalah mendesain bahan dasar kemudian dibentuk menjadi busana. Lalu setelah itu diperagakan di acara perpisahan ini,” ungkapnya.

Pada acara pelepasan 81 orang siswa akhir itu, juga diberikan bea siswa dari Minang Diaspora Network Global (MDNG) kepada 5 orang anak.

“Bagaimana ada unggulan di sekolah ini. Maka itu bisa menjadi nilai tambah. Selanjutnya bagi siswa SMP terdorong serta berminat untuk masuk ke SMA 1 Sungai Pua,” harap Kepala Sekolah.

Turut hadir para tamu undangan diantaranya Bapak Camat Sungai Pua, Syafrizal, Kacabdin Wilayah 1 Sumbar Mardison, Polsek Banuhampu Sungai Pua, Babinsa Koramil 02 Bn Sungai Pua, Wakil Bendahara MDNG Yeni Halim, Para Kepala Sekolah se-Kabupaten Agam, serta juga orang tua wali murid. (Hendra)

Ikuti kami juga dihalaman Google News

Bagikan: