Jumlah Pembaca Lensa Sumbar Tembus 100 Ribu

Bukittinggi – Pengembangan penyebaran pembaca lensasumbar.com terus meningkat. Hingga pertengahan April ini, jumlah pembaca sudah mencapai 100 ribu dan ditargetkan terus meningkat hingga akhir tahun ini.

Direktur PT. Media Bukittinggi – Agam sekaligus salah satu pimpinan redaksi lensasumbar.com, Dr (cand). Riyan Permana Putra mengatakan pencapaian jumlah pembaca lensasumbar.com sangat menggembirakan. Menurut dia, upaya ini sejalan dengan rencana besar perseroan untuk berfokus mengembangkan segala potensi yang nagari yang ada di Sumatera Barat.

“Pembaca lensasumbar.com yang mencapai 100 ribu menjadi sebuah pencapaian positif, dan akan diikuti oleh unit-unit bisnis media online yang lain,” kata dia di Bukittinggi, Jumat, (15/4/2022).

Riyan menjelaskan perluasan pembaca lensasumbar.com dan unit media lain menjadi prioritas utama program kerja perseroan.

Perkembangan industri media online yang terus yang terus naik signifikan menjadi pertimbangan utama keputusan itu diambil.

“Kami sudah memutuskan fokus dalam pengembangan media online,” kata dia.

Riyan pun melanjutkan penjelasan bahwa pengembangan media online akan semakin didorong PT. Media Bukittinggi – Agam karna sejak pandemi covid-19 memasuki Indonesia 2020, pers Indonesia telah menghadapi tantangan yang tidak ringan terkait eksistensinya. Kehadiran media online yang berbasiskan platform digital telah menggerus tingkat audiens media konvensional seperti televisi, radio, koran, dan majalah.

“Pers di tengah perkembangan modern platform digital perlu melakukan transformasi dari sistem distribusi informasi yang konvensional berupa media cetak, televisi, dan radio ke media platform digital secara utuh, tukasnya.

Media online di era millenial ini akan sangat membantu, karna pers lahir sebagai sebagai institusi yang membawakan misi suci ikut menegakkan demokrasi. Pers juga bekerja atas nama kepentingan kepentingan publik mulai dari isu politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan bahkan aspek pertahanan dan keamanan tambahnya.

Menurut Riyan, dalam mengembangkan media digital, lensasumbar.com tetap mengedepankan penggarapan konten karena sangat penting untuk diperhatikan. Ia menyatakan lensasumbar.com sudah memiliki keunggulan dalam hal kredibilitas berita dan itulah yang terus dikembangkan.

Dia juga menerangkan, pers hadir sejak awal sebagai sebuah sumber informasi yang mengutamakan kepentingan publik. Informasi yang disuguhkan pers dalam bentuk karya jurnalistik ini menjadi pembanding kekuatan demokrasi lain, seperti lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Dengan kehadiran pers inilah kemudian publik mendapatkan tidak hanya informasi yang dapat dipercaya karena telah dijaring dalam proses di ruang redaksi, tetapi juga menjadi saluran ekspresi publik itu sendiri.

Bahkan jelas Riyan jikalau kita mau merunut kehadiran pers sejak awal kemerdekaan di Indonesia, pers menjadi alat perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Pers hadir sejalan dengan denyut perjuangan bangsa Indonesia sebagai negara yang baru lahir di tengah kancah persaingan internasional waktu itu.

Saat reformasi politik terjadi lalu dengan lahirnya Undang-Undang Pers No 40 Tahun 1999, pers diberikan tempat sebagai bagian dari perwujudkan kedaulatan rakyat.

Negara harusnya sadar bahwa sebuah pers yang kuat berarti sebuah pilar negara yang kuat pula. Apalagi kemerdekaan pers telah dijamin oleh Undang-Undang Pers No 40 Tahun 1999 merupakan sebuah berkah dari reformasi politik. Dan PT. Media Bukittinggi – Agam beserta lensasumbar.com akan memegang erat amanah untuk menegakkan perusahaan pers yang mengikuti prinsip perusahaan pers yang dapat dipercaya dan sehat juga perlu diperhatikan. Seluruh elemen bangsa ini perlu membangun pers yang bermartabat agar mampu mengemban amanah dalam mewujudkan welfare state di negara demokrasi Indonesia, tutup Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Korwil Bukittinggi – Agam.(*)

Ikuti kami juga dihalaman Google News

Bagikan: