Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau, KAN Nagari Lasi Gelar Lomba Pasambahan

Agam – Kerapatan Adat Nagari Lasi Kecamatan Candung Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan menggelar lomba Pasambahan (Penitahan) tingkat Nagari.

Kepastian rencana kegiatan perlombaan itu disepakati dalam rapat perdana pengurus KAN Lasi Periode 2022-2027 di Balai Adat Nagari Lasi, Sabtu (11/6) malam.

Rapat yang dipimpin langsung oleh ketua Umum KAN Nagari Lasi, AKBP Pol Jamalul IIhsan Rajo Nan Sati itu juga diikuti oleh pengurus KAN yang ada dirantau dengan aplikasi Zoom metting.

Ketua Umum KAN Nagari Lasi. AKBP Dr  Jamalul Ihsan S.Sos, MM Rajo Nan Sati mengatakan, pasambahan murupakan tradisi atau adat dan  budaya  yang umum dipakai oleh masyarakat di Minang Kabau.

Pasambahan itu sering dipakai saat pergelaran adat yang berhubungan dengan  perkawinan, pengangkatan penghulu (batagak gala), pembangunan rumah, pasambahan yang berhubungan dengan kematian dan acara acara adat lainya.

Namun seiringnya waktu serta  pengaruh  perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, dikahawatirkan tradisi pasambahan yang diwariskan oleh nenek moyang kita itu  bisa hilang dan tinggal kenangan.

Guna mengantisipasi hal itu dan agar  eksistensi adat dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang kita itu dapat dipertahankan, maka KAN sebagai lembaga resmi nagari di Kanagarian Lasi sepakat menggelar lomba persambahan (panitahan) tingkat nagari lasi,” ujar Rajo Nan Sati.

Menurutnya kegiatan itu akan dilaksanakan setiap malam minggu  mulai tanggal 16 Juni 2022 yang di pusatkan di Balai adat Nagari Lasi.

Sedangkan pasambahan yang akan diperlombakan untuk tahap awal adalah Pasambahan urang sapuluah dan pasambahan urang ampek puluah diantaranya pasambahan Kato Katurun untuk kategori Wajib, serta pasambahan manunggu,  Ma anta kapan  untuk kategori pilihan.

“Kita berharap dengan adanya lomba persambahan itu akan semakin memicu dan memotivasi  semangat generasi muda di kanagarian lasi untuk belajar tentang pasambahan tersebut. dan perguruan tentang pasambahan itu juga semakin berkembang di nagari Lasi”,ujarnya.

Sementara ketua pelaksana perlombaan  Gindo Marajo mengatakan para peserta lomba yang berhasil keluar sebagai juara I, II, dan juara III akan diberikan reword atau penghargaan berupa tropy, piagam serta uang pembinaan.

“Kita akan berikan reword dan penghargaan kepada pemenang lomba itu berupa tropy. Piagam dan uang tunai untuk pembinaan,” tegas Gindo Marajo yang juga ketua bidang Pembinaan Adat KAN Nagari Lasi itu.

Sedangkan untuk memeriahkan acara itu juga digelar kesenian anak nagari  seperti talempong, tambua tansa, rabano yang akan dimainkan oleh sanggar Ganto Rang Sapuluah Ragi.(*)

Ikuti kami juga dihalaman Google News

Bagikan: